Gazette – STACKED RUBBISH: Reviewed

8 07 2007

Salah satu band rock VK terbaik di Jepang, Gazette (ガゼット) kembali dengan album barunya, STACKED RUBBISH. Berbeda dengan dua full-album sebelumnya, kali ini mereka menghadirkan nuansa hip-hop pada album ini. Gazette sendiri sebenarnya melakukan hal yang sama pada album sebelumnya: memasukkan warna baru pada gaya bermusik mereka. They’re evolving!

Let’s review it track by track….

1) ART DRAWN BY VOMIT
Intro yang keren… cuman itu komentar gw.

2) AGONY (3/5)
Penuh dengan aroma hip-hop yang baru diusung Gazette… Lumayanlah buat pembuka.

3) HYENA (3.5/5)
Bukan jenis trek yang bisa disukai pada pendengaran pertama. Nice guitar and drum work.

4) BURIAL APPLICANT (3.5/5)
Trek yang dipilih untuk mempromosikan album. Catchy dan heavy. Ide PV-nya lumayan bagus, cuman menurut gw kurang digarap dengan baik, t’utama bagian non-Gazette-nya…

5) Ganges ni akai bara (3/5)
Menurut gw track seperti ini selalu muncul di setiap album mereka… Di Disorder, pendahulunya adalah trek Anti Pop. Di NIL, giliran Namaatatakai Ame Tozaratsuita Jounetsu yang punya suara senada. Ketiga-tiganya diawali permainan bass yang lumayan dari Reita, kemudian dilanjutkan dengan nada-nada ala musik bar, masih dengan diiringi dengan permainan Reita yang catchy. Ini pendapat pribadi gw… Trek yang lumayanlah. Tapi bukan sesuatu yang memorable.

6) REGRET (3.75/5)
Gara2 mendapat singlenya yang kualitas suaranya rada parah, gw belum sempat menikmati trek ini ‘sebagaimana mestinya’… Trek yang lumayan enak didengar menurut gw, apalagi kalo mendengar permainan gitar Uruha & Aoi yang seakan-akan saling memanggil… Keren lah.

7) CALM ENVY (3.75/5)
Mungkin trek fave gw di album ini, all the single song aside. Lembut dan catchy. Indah, terutama pas bagian suara back vocal ceweknya. Jadi penasaran liat liriknya…

8.)SWALLOWTAIL OF DEATH VALLEY (2.75/5)
Lumayanlah… tapi lagi-lagi gak meninggalkan kesan yang kuat. Tampaknya trek yang lebih cocok buat dimainin live.

9) MOB 136 BARS (2/5)
Track yang heavy, banget. Tapi sayangnya gw bukan penggemar berat lagu-lagu keras mereka. Hanya Filth in the beauty dan Rich Excrement yang benar-benar gw sukai dari lagu jenis mereka ini.

10) GENTLE LIE (2.75/5)
Bersama Calm Envy, Gentle Lie jadi trek yang lembut dengan permainan musik yang quite catchy. Gak terlalu istimewa sih. Lagi-lagi paduan duo Uruha & Aoi terdengar baik di sini.

11) FILTH IN THE BEAUTY (4/5)
Surprisingly, trek ini jadi fave gw. Didengarkan pake audio output yang benar-benar menghentak recommended.

12) CIRCLE OF SWINDLER (3.5/5)
Ber-beat cepat, chorus-nya lumayan keren.

13) Chizuru (3.5/5)
Walau dijadikan salah satu trek favorit para penggemarnya, gw selalu merasa ada yang kurang… Tapi udah cukup baguslah untuk dijadikan soundtrack film Apartment, liriknya juga keren, kok.

14) PEOPLE ERROR (3.25/5)
(Tampaknya Ruki salah buat kalimat Inggris lagi… Correct me if I’m wrong). Trek instrumental. Pas buat penutup. Tambah 0.25 poin kalo bener-bener dimainin ama personil Gazette…

Well… yang jelas album ini berbeda sekali dengan album sebelumnya. Gazette juga sudah semakin matang (dengerin album pertama mereka dan rasakan bedanya!). Album yang bagus, dan terkesan baru bagi para penggemarnya (dan tampaknya responsnya cukup positif)… Sayangnya, walau memiliki tracklist yang lebih baik dari NIL, STACKED RUBBISH tidak memiliki track yang benar-benar kuat kayak Cassis. Gw juga rindu mendengar gaya VK klasik macam Sishi Gatsu Youka di DISORDER. Yah, yang jelas Gazette sekarang sedang menuju ke sesuatu yang baru dan tampaknya cukup menjanjikan di masa yang akan datang.

Rating: 3.5/5

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: