One Site Down…

18 07 2007

Setelah forum http://www.jpopmusic.com yang dulu gw jadiin mata pencaharian bwt nyari mp3 melarang peng-upload-an mp3 dan media lainnya (termasuk PV—Promotional Video), kini giliran satu situs (www.iijpop.com) yang lagi-lagi dituntut pihak label XXXX untuk menarik semua upload-annya (selengkapnya baca di sini). Padahal situs yang dibuat dan dimoderasi iChris itu termasuk yang paling rajin meng-upload musik fave gw itu…

Gw ingat, iijop gw dapat ketika ada user di jpopmusic yang meng-upload file (gw lupa) dan memberi kredit pada iChris di iijpop. Pada postingan yang laen, iChris sendiri mempromosikan situs barunya sekaligus meng-upload beberapa file. Situs ini benar-benar hebat, hampir semua major release di-upload pada hari rilisnya. Bahkan gw ingat, single ayaka berjudul Jewelry Day di-upload sebulan sebelum tanggal rilis aslinya… Dua jempol deh buat iChris dan iijpopnya.

J-Music Sharing and Its Future
Piracy? Hmm… mo gak mau gw bilang iya. Mungkin beberapa orang akan bilang ‘tidak’ dengan macam2 argumen yg gw sendiri gak tau… Yang jelas, musik Jepang termasuk salah satu jenis musik yang perkembangannya cepat (banget!). Fanbase musik jenis ini di luar negeri (termasuk di Barat sana) gak sedikit, dan hal ini mau gak mau terlepas dari sharing musik jenis ini di berbagai situs dan forum.

Ya… emang langkah pihak label menuntut situs-situs ini gak bisa disalahin. Tapi gw pribadi berpikir mereka berhak mendapat kredit atas usaha mereka. Profit? Setau gw kebanyakan situs2 tsb tidak menuntut imbalan uang sedikit pun. Kebanyakan malah menerapkan sistem baru agar jumlah para leechers (sebutan bagi user yang lebih banyak men-download atau tidak sama skali, dibandingkan dengan jumlah upload-nya—yup, that’s me!) bisa diminimalisir sehingga pertukaran file di antara masing-masing user tetap berjalan ‘mulus’. Hampir semua situs ini malah memberikan link2 utk membeli produk artis tersebut, tidak lupa komen2 yang menghimbau agar kita mendukung artis tsb. dgn membelinya. (Berhubung gw gak punya kartu kredit, jadi…)

The bottom line is gw kembali kehilangan satu situs yang berjasa nyediain mp3 kesukaan gw… And I don’t like it. Sekarang iChris sedang berusaha tetap menyediakan file2 seperti biasanya, hanya saja ditujukan buat streaming, jadi kualitasnya gak sampe 192kbps… Well, thanks Chris, it’s been fun these year around! Keep up the good work!

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: