Second Task of PTI

12 03 2009

Iron Man. Tokoh superhero berkostum armor berwarna kuning-merah. Tony Stark, identitas di balik Iron Man adalah seorang ilmuwan jenius yang memiliki perusahaan Stark Enterprise. Stark ikut andil dalam persenjataan pemerintah Amerika, mengikuti jejaknya. Hidupnya penuh gelimang uang dan kesenangan, hingga pada saat ia bepergian di Afghanistan untuk mempresentasikan senjata temuan terbarunya. Stark beserta rombongan tentara yang ada bersamanya terkena serangan ledakan. Stark kemudian ditawan, dan karena alasan keselamatannya, ia diberi alat khusus pada jantungnya. Di sinilah Iron Man lahir.

Iron Man lahir dari ketidakpuasan Stark atas hasil temuannya yang ternyata telah disalahgunakan, berbeda dengan tujuan hidupnya selama ini. Stark yang memiliki hidup kelas atas ala miliarder Amerika memilih untuk meninggalkan gaya hidup lamanya dan berperang langsung melawan kejahatan.

Yang saya akan bahas kali ini bukanlah penilaian saya terhadap film Iron Man atau bagaimana akting memukau Robert Downey Jr. setelah karirnya sempat mati gara-gara obat-obatan terlarang, bukan. Saya akan mencoba memberi pandangan saya terhadap makna film ini dan pada akhirnya nanti, kesimpulan yang bisa dipetik dari kisah adaptasi komik Marvel buatan Stan Lee ini.

Pertama, fakta yang tidak bisa dipungkiri adalah teknologi berperan besar dalam peperangan yang ada di dunia. Tidak bisa dipungkiri, akhir-akhir ini perdamaian di atas bumi kita makin terancam. Beberapa kebijakan negara-negara di dunia, baik secara langsung atau pun tidak, telah mempengaruhi kedamaian hidup manusia di beberapa daerah.

Marilah kita sama-sama akui, suatu negara yang memiliki teknologi paling tinggi di dunia ini mampu menguasai negara mana pun. Dengan teknologi, suatu negara bisa mengambil kebijakan-kebijakan tertentu yang berpengaruh besar pada negara lainnya dengan lebih mudah—walaupun kebijakan itu merugikan.

Apakah ada negara lain yang mampu mengubah kebijakan itu? Tidak. Mengapa? Jawabannya adalah karena negara-negara ini bergantung pada negara dengan teknologi tinggi ini. Negara berteknologi tinggi ini punya obat-obatan yang mereka butuhkan, uang yang  mereka inginkan, lahan kerja yang luas—bagaimana bisa? Jawabannya: teknologi.

Dengan teknologi, suatu negara bisa melakukan apapun.

Kedua, teknologi merupakan alat untuk mencapai tujuan. Manusia sebagai makhluk paling berakal di bumi ini telah menciptakan berbagai macam penemuan yang mengubah peradaban. Ditemukannya komputer, misalnya, telah mengubah kehidupan umat manusia. Seratus tahun lalu, Anda tidak akan menemukan banyak informasi di satu tempat saja. Sekarang, dengan satu kotak kecil Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi, termasuk kabar teman Anda yang jauhnya bisa beratus-ratus kilometer. Teknologi.

Di dalam Iron Man digambarkan bagaimana Stark berhasil menciptakan sebuah teknologi luar biasa: sebuah armor yang dikendalikan manusia dengan memakai sumber energi yang juga ditemukan Stark. Tujuan Stark adalah menciptakan perdamaian di dunia dengan penemuannya itu. Apakah alat itu selalu mengikuti tujuan Stark? Tidak. Ketika tokoh penjahat dalam film berhasil mencuri alat buatan Stark, Stark harus melawan penjahat itu agar tujuannya tercapai.

Apa yang dicapai dengan teknologi tidak terlepas dari niat tujuan pemakainya.

Iron Man mengajarkan tidak hanya akibat dari teknologi yang disalahgunakan, tidak. Lebih dari itu, Iron Man mengajarkan kita untuk betanggung jawab atas segala perbuatan kita, baik itu salah maupun benar.

Iklan

Aksi

Information

2 responses

12 03 2009
First Task of PTI « FReak’s

[…] (link tugas ke-2, di sini) […]

21 04 2009
wuhugm

What do u think of the theory that said that there are greater civilizations than the one exists now far far in the past.

like Atlantis, Lemuria, Rama Dynasty

It said that they had greater technologies, but even so, they had been wiped out of existence……..

and the same fate will follow the current civilization, not because the technology itself, but because of the byproducts resulted from that “not yet sophisticated” technology, yeah, i mean the pollution………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: