Third Task of PTI

12 03 2009

Bagaimana sih dunia IT di masa depan?
Bingung, euy… Wong, yang sekarang aja saya belum tau betul!

Oke, saya akan mencoba memberi gambaran bagaimana perkembangan dunia IT di masa depan dari sudut pandang saya, orang yang sebenarnya masih awam.

Pertama, berbagai komponen pembangun suatu electronic device akan semakin kecil.
Hal ini sudah berlaku saat ini, bahkan dalam kecepatan luar biasa. Supercomputer beberapa puluh tahun lalu sudah setara dengan laptop saat ini. Tren pengecilan komponen ini menghasilkan bermunculannya produk-produk kecil luar biasa: PDA, game handheld, handphone, bahkan saat ini sudah ada UMPC (Ultra Mobile PC), suatu istilah untuk notebook atau PC Tablet dan semacamnya yang berukuran 7 inci atau lebih (1 inci= 2,54 cm).
Implikasinya, performa alat-alat ini semakin tinggi.

Kedua, internet bertambah cepat dan lengkap. Internet sempat ditawarkan untuk menjadi salah satu keajaiban di dunia. Tidak heran, karena internet memang ajaib. Dalam waktu kurang dari setengah abad, seluruh belahan dunia telah terhubung melalui internet. Yang terjadi sekarang dan nanti pastinya, adalah internet dengan kecepatan luar biasa yang bisa diakses di mana saja. Fasilitas-fasilitas wi-fi, hotspot, dan sebagainya makin merajalela, bahkan di negara kita ini. Bagaimana dengan kecepatannya? Akses ber-bandwidth hingga 2GB diklaim telah ada, walaupun masih mahal dan lebih dikhususkan untuk perusahaan atau korporasi. Jika biasanya Anda yang terbiasa harus men-download film agar bisa menontonnya, sekarang sudah bisa menontonnya langsung tanpa jeda, dengan koneksi internet tinggi tentunya. Dengan aturan-aturan serba terbuka dan bebas, bukan tidak mungkin dengan hanya terhubung melalui satu kabel kecil saja, Anda bisa menonton film, mendengar musik, bertatap muka dengan teman lama, dan sebagainya.

Makin cepatnya dan mudahnya internet tentu saja memiliki resiko juga. Konten-konten yang ilegal dapat mudah beredar di internet, berbagai tindak kriminal muncul dengan nama baru, cyber crime. Internet dapat dengan mudah berubah dari teman bersahabat menjadi musuh berbahaya apabila disalahgunakan.

Ketiga, persaingan perusahaan IT semakin keras. Salah satu lahan yang punya prospek luar biasa adalah lahan IT. IT saat ini adalah salah satu ilmu yang berkembang luar biasa pesat. Kebutuhan perusahaan-perusahaan besar terhadap tenaga IT saat ini makin tinggi. Investasi di bidang IT makin lama makin tinggi.

Keempat, mesin buatan manusia makin manusiawi. Sudah menjadi impian umat manusia sejak lama untuk menciptakan sesuatu luar biasa, penemuan-penemuan yang mengubah dunia. Salah satunya yang makin mendekati kenyataan adalah mesin dengan kecerdasan seperti manusia.

Sudah banyak film yang sudah mengusung tema ini. Sebut saja I, Robot, di maana terdapat sistem seperti manusia yang menjaga keamanan suatu perusahaan. Atau Star Wars, terkenal dengan robot pembantu C-3PO dan temannya, R2-D2. Semuanya adalah gambaran mengenai harapan manusia tentang teknologi mesin masa depan.

….

Lalu apa yang harus saya lakukan agar dapat ikut andil dalam masa depan tersebut?

Apa ya? Pada dasarnya, saya sebagai mahasiswa harus mempelajari segala ilmu dasar sesuai keahlian saya agar dapat ikut berpartisipasi di masa depan itu. Belajar. Semuanya berawal dari nol, dan sejujurnya perjalanan saya masih jauh agar dapat menjadi salah satu ahli di bidang IT.

Apalagi pada kenyataannya, pendidikan di negara kita masih kalah total dibanding negara-negara maju di sana. Saya harus bisa memanfaatkan berbagai macam kesempatan agar bisa lebih maju, setidaknya agar tidak ketinggalan dengan pesaing-pesaing dari luar.

Uwoooh!

Iklan

Aksi

Information

4 responses

17 04 2009
setuju-man

remember me?

17 04 2009
agpisfrick

Who the hell are you?

17 04 2009
setuju-man

sorry, but you’ll have to guess, for the sake of anonimousity.

17 04 2009
setuju-man

Nice prediction, i doubt the last sentence

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: