PTI Returns#2

29 04 2009

Bisakah Anda membaca tulisan di blog ini? Jika ya, berterimakasihlah pada Tuhan karena diberi mata dan penemuan teknologi bernama Computer Network. Computer Network merupakan teknologi luar biasa yang telah menjadikan penemuan komputer sama halnya dengan penemuan harta karun. Satu unit komputer tanpa Network Adapter di dalamnya sama saja dengan manusia yang telah kehilangan kedua kaki dan tangannya.

Mengapa Computer Network begitu penting?
Mari kita bayangkan dunia tanpa Computer Network. Anda mempunyai keperluan mendesak yang membutuhkan uang dalam jumlah banyak. Jumlah uang di dompet Anda sangat sedikit. Anda berinisiatif meminjam pada orang di sekitar Anda, tapi ternyata mereka juga tidak memiliki uang yang cukup. Tiba-tiba internet ditemukan—dan BOOM!—Anda pun bisa menarik uang lewat ATM hanya dalam beberapa menit, mendapatkan uang yang Anda butuhkan.

Saat ini penggunaan dan penerapan Computer Network telah menjalar di mana-mana: pembuatan KTP, Short-Message Service, Registrasi Online—semuanya memanfaatkan teknologi ini. Saat Computer Network hilang, Anda harus menunggu berhari-hari atau bahkan lebih untuk mendapatkan KTP; Anda harus berkirim surat—yang memakan waktu luar biasa lama—untuk menyampaikan pesan dengan biaya murah ke tempat yang jauh; dan Anda harus datang ke tempat panitia untuk mendaftarkan diri dalam sebuah seminar.

Penemuan Computer Network jauh berada di tahun 1960-an. Saat itu, sejalan dengan penemuan komputer, Computer Network masih sebatas wacana dan konsep belaka, akan tetapi rencana itu rupanya terealisasi pada akhir 1960-an, tepatnya 1969 saat ARPA, penemuan militer Amerika, pertama diluncurkan (memunculkan sebuah pertanyaan besar, jangan-jangan saat ini juga militer Amerika Serikat memiliki penemuan besar yang belum diketahui dunia). Walaupun signifikan, aplikasi penemuan itu masihlah sangat kecil. E-mail yang ditemukan tahun 1971 sangat jauh berbeda dengan e-mail saat ini. Lupakan interface menarik ala Yahoo! yang ditawarkan saat ini, e-mail saat itu hanya bisa mengirimkan pesan teks seperti SMS saat ini.

Sekarang Computer Network telah melahirkan Internet, teknologi yang telah berada di mana-mana dan menjalar ke siapa saja. Internet saat ini telah mencapai transfer data yang luar biasa tinggi. Dengan hitungan detik Anda bisa mendapatkan lagu terbaru, bahkan sebelum lagu itu dirilis secara resmi.

Apa itu OSI?
OSI adalah salah satu deskripsi pembagian abstrak komunikasi data paling awal. OSI membagi-bagi network dalam lima layer: Application, Presentasion, Session, Transport, Network, Data-Link, dan Physical Layer. Keberadaan OSI mungkin kurang terdengar saat ini karena mulai tergusur dengan perangkat serupa, TCP/IP. Beberapa ahli mengatakan OSI tergusur karena TCP/IP menawarkan pembagian yang lebih simpel, efesien, dan fleksibel. OSI lebih dikenal berada pada sistem operasi UNIX, OS paling awal yang banyak dipakai dan merupakan cikal bakal OS saat ini.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: